Translate

Minggu, 10 Februari 2013

ISTILAH PSIKOLOGI UMUM



Ability grouping (pengelompokkan menurut bakat) : praktik penggolongan murid-murid dalam kelompok-kelompok yang relatif homogen menurut kemampuan skolastik mereka.

Ability test (tes bakat atau kemampuan) : satu ujian atau pemeriksaan yang telah dibakukan,bertujuan untuk mengukur baik bakat-bakat umum maupun beberapa bakat-bakat khusus.

Abnormal(tidak normal) : berbeda atau sangat menyimpang dari kenormalan.

Abstract ( ringkasan,intisari ) : sesuatu yang disarikn dari suatu totalitas atau yang dipisahkan dari unsur-unsur pokoknya.

Abulia : kegundahan, kekhawatiran atau ketidakmampuan mengambil keputusan yang patologis sifatnya.

Abundancy motive ( motif  yang berlimpah-limpah) : kecendrungan mencari kepuasan-kepuasan melebihi hal-hal yang bersangkutan dengan diri atau usaha nya untuk memenuhi kekurangan atau kebutuhan-kebutuhan.

Achrophobia (akrofobia) : ketakutan yang wajar pada ketinggian-ketinggian.

Acting out (memerankan,memainkan peranan  :memunculkan suatu perbuatan impuls-impuls yang ditekankan dalam batin sehingga berwujud perbuatan.

Act psychology ( psikologi perbuatan ) : menganggap pkok permasak=lahan dari psikologi sebagai perbuatan-perbuatan.

Act regression ( regresi atau kemunduran tingkah laku ) : kemunculan kembali suatu reaksi yang dipelajari yang semula telah padam atau sudah hilang,ketika dikenakan suatu rintangan, mengenai suatu ya ng dipelajari dikaitkan dngan reaksi yang telah hilang tadi.

Acetycholine : Sebuah neurotransmitter yang terkait dengan gerakan sukarela, tidur dan terjaga.
                                                                                                                                                         Adaptation (penyesuaian diri) : perubahan fungsional  atau sruktural yang meningkatkan tau mempertinggi nilai kelangsungan hidup.

Adaptive behavior (tingkah laku adaptif) : reaksi yang sesuai,cocok, mengena,tepat.

Adjustment  inventory (inventerasi penyesuaian diri) : suatu angket untuk  menaksir kualitas daya penyesuaian diri seeorang.

Afasi : Kerugian kemampuan untuk berkomunikasi baik melalui wacana lisan atau tertulis sebagai akibat dari kerusakan otak.

Agresi : Sebuah gaya interpersonal dimana hanya kebutuhan mendesak dari diri dianggap daripada kebutuhan orang lain. (Sebagai lawan pasif atau asertif).

Akomodasi : Penciptaan skema kognitif baru ketika obyek, pengalaman, atau informasi lain tidak cocok dengan skema yang sudah ada.

Aksi Potensi : Penembakan pada neuron. Terjadi ketika muatan di dalam neuron menjadi lebih positif dibandingkan muatan luar.

Amusia (amusia) : ketidakmampuan untuk mengenali, menirukan atau mengeluarkan kembali melodi-melodi, mungkin disbabkan  oleh luka-luka pada otak.

Amigdala : Sebuah bagian dari sistem limbik otak yang melekat makna emosional untuk informasi memediasi baik defensif dan agresif perilaku.

Asosiasi : Fenomena dalam belajar bahwa negara kita lebih mampu untuk mengingat informasi jika dipasangkan dengan sesuatu yang kita kenal dengan atau menonjol.

Atribusi : Sebuah ide atau keyakinan tentang etiologi perilaku tertentu.

Attitude : Kesiapan mental.

Atypical : Penyimpangan dari norma.

Audition : Rasa pendengaran.

Auricular : Yang berkenan dengan telinga.

Autism : Fantasi, khayalan.

Automatisms : Aktivitas yang dilakukan tanpa arah dan tujuan yang sadar.

Autosuggestion : Sugesti sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar