Translate

Rabu, 08 Mei 2013

JENIS KEGIATAN PENDUKUNG



  
1.      APLIKASI INSTRUMENTASI
Aplikasi instrumentasi (Prayitno, 2012:291) merupakan kegiatan menggunakan instrumen untuk mengungkapkan kondisi tertentu. Kegiatan dengan menggunakan instrumen harus dilakukan dengan cermat dengan penggunaan hasil yang tepat.
Data aplikasi instrumentasi digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk penyelenggaraan layanan konseling dan/atau menjadi isi dari layanan agar layanan konseling terhadap klien akan lebih efektif dan efisien.
Fungsi kegiatan pendukung aplikasi  instrumentasi adalah fungsi pemahaman. Data hasil aplikasi instrumentasi dapat digunakan untuk memahami kondisi klien, seperti potensi dasar, bakat, minat, kondisi diri, lingkungan serta masalah yang dialami klien (Prayitno, 2012:292)

2.      HIMPUNAN DATA
Himpunan data (Dewa Ketut, Nila Kusmawati, 2008:80) merupakan kegiatan pendukung untuk menghimpun seluruh data dan keterangan yang relevan dengan keperluan pengembangan klien. Himpunan data perlu diselenggaraan secara berkelanjutan, sistematis, komprehensif, terpadu, dan bersifat tertutup. Penyelenggaraan himpunan data bermaksud menghimpun seluruh data dan keterangan yang relevan dengan keperluan pengembangan siswa dalam berbagai aspeknya. Data yang terhimpun merupakan hasil dari upaya aplikasi instrumentasi, dan apa yang menjadi isi himpunan data dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam kegiatan layanan bimbingan.
Fungsi yang digunakan dalam himpunan data ini adalah fungsi pemahaman, pencegahan,pengentasan, pemeliharaan dan pengembangan serta fungsi advokasi.

3.      KONFERENSI KASUS
Konferensi kasus (Dewa Ketut, Nila Kusmawati, 2008:81) merupakan kegiatan pendukung untuk membahas permasalahan yang dialami oleh klien dalam suatu forum pertemuan yang dihadiri oleh berbagai pihak, dimana pihak ini diharapkan dapat memberikan bahan keterangan dan komitmen untuk terentaskannya masalah klien.
Tujuan konferensi kasus (Dewa Ketut, Nila Kusmawati, 2008:82) yakni:
a.       Memperoleh gambaran tentang inti masalah.
b.      Memperoleh gambaran tentang latar belakang serta berbagai faktor yang memungkinkan menjadi penyebab masalah klien.
c.       Untuk memperoleh langkah-langkah dalam memecahkan masalah klien.

4.      KUNJUNGAN RUMAH
Kunjungan rumah (Dewa Ketut, Nila Kusmawati, 2008:91) merupakan kegiatan pendukung untuk memperoleh data, keterangan, kemudahan dan komitmen untuk terentaskannya permasalahan klien melalui kunjungan ke rumah klien.
Tujuan kunjungan rumah (Dewa Ketut, Nila Kusmawati, 2008:91) yakni:
a.       Untuk memperoleh berbagai keterangan data yang diperlukan dalam pemahaman lingkungan dan permasalahan klien.
b.      Untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan klien.

Fungsi yang digunakan dalam kunjungan rumah ini adalah fungsi pemahaman dan fungsi pengentasan.



5.      TAMPILAN KEPUSTAKAAN
Kegiatan pendukung tampilan kepustakaan membantu klien dalam memperkaya dan memperkuat diri berkenaan dengan permasalahan yang dialami dan dibahas bersama konselor pada khususnya, dan dalam pengembangan diri pada umumnya. Pemanfaatan tampilan kepustakaan dapat diarakhan oleh konselor dalam rangka pelaksanaan pelayanan, dan/atau klien secara mandiri mengunjungi perpustakaan untuk mencari dan memanfaatkan sendiri bahan-bahan yang ada di perpustakaan sesuai dengan keperluan. Tampilan kepustakaan merupakan kondisi yang sangat memungkinkan klien memperkuat dan memperkaya diri dengan atau tanpa bantuan konselor (Prayinto, 2012:369).

6.      ALIH TANGAN KASUS
Alih tangan kasus (Dewa Ketut, Nila Kusmawati, 2008:91) merupakan kegiatan pendukung untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan tuntas atas masalah yang diahadapi klien dengan memindahkan penanganan kasus dari satu pihak ke pihak lainnya. Kegiatan ini memerlukan kerjasama yang erat dan mantap antara berbagai pihak yang dapat memberikan bantuan atas penangan masalah tersebut.





KEPUSTAKAAN

Dewa Ketut, Nila Kusmawati. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: PPK BK FIP UNP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar