Translate

Jumat, 02 November 2012

PSIKOLOGI SOSIAL

A. Pengertian Psikologi Sosial
Psikologi berasal dari kata yunani “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang arinya ilmu pengetahuan. Secara etimologi psikologi artinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakang. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku individu.
Psikologi sosial menguraikan tentang kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi sosial, seperti situasi kelompok, situasi massa dan sebagainya, termasuk interaksi antar orang dan hasil kebudayaannya. Berdasarkan inilah maka psikologi sosial didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari dan menyelidiki tingkah laku individu dalam hubungannya dengan situasi sosial.
B. Hubungan Psikologi Sosial dengan Ilmu-Ilmu Lainnya
Sebagai ilmu yang objeknya manusia, maka terdapat saling hubungan antara psikologi sosial dengan ilmu-ilmu lain yang objeknya juga manusia, seperti : ilmu hukum, ekonomi, sejarah, dan yang paling erat hubungannya adalah sosiologi.
Pada umumnya masalah-masalah yang dibahas oleh psikologi umum adalah gejala-gejala jiwa manusia, seperti: perasaan, berfikir, kemauan yang semuanya terlepas dari alam sekitar.Pada psikologi sosial dibicarakan adalah manusia sebagai anggota masyarakat, bagaimana individu berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Sedangkan sosiologi membicarakan tentang kelompok-kelompok manusia sebagai suatu kesatuan. Sosiologi tidak dibicarakan individu yang satu dengan yang lain, tetapi hanya dibicarakan kelompok sebagai kesatuan.
Sumber Bacaan :
Ahmadi, abu.(2002).Psikologi Sosial. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar